Jumat, 04 Desember 2009

Tugas Perilaku Konsumen

Tugas I

1. Pemahaman perilaku konsumen merupakan dasar pengembangan strategi dan perencanaan pemasaran, dalam hal ini sangat penting dilakukan karena tanpa adanya suatu pemahaman dan pengertian tentang konsumen, sasaran suatu perusahaan tidak dapat dikatakan telah menjadikan konsep pemasaran sebagai pedoman, walaupun perusahaan tersebut telah menjalankan fungsi pemasarannya dengan baik. Untuk mengetahui dengan jelas perilaku konsumen ini, seorang pemasar harus melakukan penelitian sebagai langkah awal untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Dan dalam hal ini kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai. Kebutuhan, sikap dan perilaku konsumen mempengaruhi setiap aspek dari strategi pemasaran.

2. Analisis
Definisi konsep lingkungan adalah tempat dimana masusia (makhluk hidup) berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Yang dalam kehidupannya saling mempengaruhi dan dipengaruhi.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi minuman ringan kurang lebih 10 th mendatang dengan adanya produk tersebut maka semakin banyak saingannya. Dan ini merupakan tantangan bagi perusahaan dalam memasarkan produknya. Mungkin dengan promosi ataupun membuat kwalitas produk tersebut semakin baik. Sehingga dapat bersaing dengan kompetitor.
- Perubahan bisnis global dan kecenderungan demografis artinya Perubahan bisnis secara keseluruhan dalam arti manusia (trader) dapat melakukan bisnis lebih mendunia (meluas) yang sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju serta adanya perubahan populasi penduduk.

Tugas II

1. Iklan "Biskuat Macan"
a. Iklan ini dibuat untuk konsumsi anak kecil dan sasarannya adalah anak yang sedang dalam pertumbuhan dan menginginkan tubuh yang kuat. Biskuat ini menggunakan slogan "saatnya jadi macan" dan kegiatan anak-anak sedang pencak silat
Perusahaan periklanan harus mengerti bahwa iklan tersebut untuk segala lapisan masyarakat, maka konsep iklannyapun harus dapat diterima oleh semua kelompok konsumen yang dimaksud
b. Afeksi perilaku konsumen mengenai iklan "Biskuat Macan". Dengan adanya iklan biskuit ini sebagai konsumen khususnya anak-anak akan tertarik dengan iklannya, apalagi dalam iklan tersebut diperagakan oleh anak-anak seusia mereka dengan aktivitas yang membuat anak-anak ingin juga melakukan apa yang ada dalam iklan tersebut. Kebanyakan anak tertarik untuk membelinya dan ingin mencicipi apa rasa biskuit tersebut. Sebagai orang tua dengan adanya iklan biskuit ini, ia akan mencoba membeli, apalagi iklan yang ditayangkan memberikan janji bahwa dengan mengkonsumsi biskuit ini, maka anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat. Apa salahnya orang tua membeli untuk anaknya, selain harga terjangkau untuk konsumen kelas menengah ke bawah. Sebagai orang tua juga tidak ingin anaknya ketinggalan dengan anak yang lain. Walaupun hanya sekali membeli mereka akan lakukan, apalagi kalau anaknya minta.
c. Jika ada iklan "Biskuat Macan" sebagai konsumen memiliki karateristik yang berisi tindakan individu yang secara langsung terlibat dalam usaha memperoleh dan menggunakan suatu produk, termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar